Subhanallah, bayi baru beri kejutan… ^_^

Imut pastinya...Hayuu…siap-siap ^_^ Bayi baru senang buat kejutan looh…dan terkadang membuat seisi rumah khawatir terutama bagi ibu baru. Mau tahu….ini dia :

“Kok, bayiku jelek?”

Pada persepsi sebagian besar orang tua, bayi yg sehat itu montok, pipinya kemerah-merahan, dan cute ^_^.. .

Lalu, bagaimana jika kepala bayinya agak aneh denngan bentuknya yang kerucut. Jangan terlalu khawatir, mungkin saja ini karena ia sudah berjam-jam terjepit di panggul. Agar pas melalui jalan lahir, mau tidak mau tengkorak kepala menyesuaikan diri.

“Ini untuk melindungi terjadinya retaknya tengkorak atau kerusakan otak selama persalinan via vagina,” kata Anne Hansen, MD, dokter anak di Children’s Hospital Boston, Amerika Serikat.

Masih banyak lagi ‘daftar’ sesuatu yang dianggap sebagai sebuah kejelekan si kecil. Misalnya:  mata bengkak, wajah dan kepala agak memar jika lahir dengan bantuan forsep (alat untuk menjepit dan menariknya ke luar) atau vakum, dan sebagainya.

Bersabarlah, dalam waktu singkat, dia akan berubah jadi malaikat kecil Anda.


“Dia gemetar terus.”

Setelah berbulan-bulan melekuk dalam kantung air di rahim yang cozy namun sempit, sekarang kaki dan tangan si bayi baru bebas bergerak ke sana-sini. Hanya saja, dia belum mengerti bagaimana cara mengendalikan tubuhnya. Makanya, jangan kaget jika lambaian tangannya agak tersentak-sentak.

Bayi juga lahir dengan refleks Moro. Begitu diangkat dan diturunkan lagi secara tiba-tiba misalnya, kedua tangan dan kakinya akan merentang, lalu menutup kembali. Jemarinya juga menekuk seolah-olah mencengkeram sesuatu. Jangan takut, refleks ini akan hilang ketika dia berusia 3 bulan. Lalu, sistem saraf yang sedang berkembang suka mengirim lebih banyak impuls listrik ke otot-otot dari yang diperlukan, sehingga dagu dan kakinya sering gemetar. Setelah beberapa minggu, dia sudah tidak gemetaran lagi.

“Bayiku lapar terus…”

Pada minggu-minggu pertama, mungkin para ibu baru bisa terheran-heran. Kok si kecil makan terus???

Permintaan bayi yang bertubi-tubi ini adalah cara alami untuk meningkatkan suplai ASI bunda. Melalui trail and error , akhirnya bisa ditemukan takaran yang pas untuk memenuhi selera makannya. Bayi yang menyusu cenderung lebih sering minum, sebab ASI lebih mudah dicerna dan diserap ketimbang susu formula. Nah, alasan untuk minum ‘secara berlebih’ ini, tentu saja  karena si kecil harus tumbuh.

maka, Jangan heran, kalau berat badannya pada usia 6 bulan jadi 2 kali lipat dari berat lahirnya. (Hmm…pasti luchu yaa…)

“Selama periode percepatan pertumbuhan, jangan kaget kalau si bayi terkesan ‘Rakus’. Keinginannya untuk  minum yang super  ini pertama kali terjadi ketika usianya 4-6 minggu,” kata Glade Curtis, MD.

“Tangan dan kakinya dingin.”

Sebelum Bunda buru-buru membungkus si Kecil dengan berlapis-lapis selimut, pegang dulu tubuhnya. Jika tubuhnya hangat dan agak pink, ini berarti ia tidak kedinginan. Sistem peredaran darahnya masih berkembang, sehingga darah bolak-balik ke organ tubuh yang paling membutuhkan. Nah, tangan dan kaki termasuk dalam ‘antrian’ paling akhir mendapat pasokan darah bersih. Butuh waktu sekitar 3 bulan bagi sistem peredaran darah untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim. Jadi, tidak apa-apa kalau jari-jari tangan dan kakinya dingin dan agak pucat.

“Ada darah di popoknya.”

Nah, ini seram sekali sepertinya….

Hormon ibu yang menyebabkan bibir luar kemaluan membengkak bertanggung jawab terhadap terjadinya perdarahan pada beberapa bayi baru. Jadi, tenang ya bunda…. setetes darah atau noda di popok si kecil pada minggu-minggu pertama kehidupannya itu tidaklah  mengapa.

“Periode haid yang super pendek ini hanya akan berlangsung selama beberapa hari, kata Dr. Curtis. Kadangkala, apa yang kelihatannya seperti darah mungkin saja merupakan urin yang pekat, sehingga agak gelap di lipatan popok.

“ Ada tonjolan kecil di bibirnya.”

Banyak bayi baru yang bibir atasnya ada tonjolan kecil atau lepuhan akibat terlalu bersemangat menghisap susu dari botol maupun payudara ibunya. Akibatnya, si kecil jadi tidak nyaman.

Sebenarnya, tonjolan itu akan membuat bibir jadi lebih mudah ‘menangkap’ puting susu. Tonjolan ini akan hilang sendiri dalam beberapa bulan, atau bisa saja berulang kali muncul dan hilang.

_______*****_______

Merujuk dan mengutip dari http://www.hypno-birthing.web.id/

4 thoughts on “Subhanallah, bayi baru beri kejutan… ^_^

  1. duh saya jadi kagak tahan lagi buat menunggu kelahiran bayi yang kedua…semoga selamat keduanya

    Amiin…….^_^
    semoga dimudah kan……..duh, suenengnyaaaa

  2. tapi kok bisa warna bayi-nya pink ya? ^_^

    terus pengaruh tangan dan kakinya dingin itu akibat pasokan darah tadi?

    wah, yang siap jadi ibunda nih…

    warna pink itu penanda dia hangat (tak pucat….) taGnan & kaki dingin akibat dr sistem peredaran darahnya masih berkembang sehingga darah akan bolak-balik pada saluran yg paling membutuhkannya dan tangan-kaki adalah daftar terakhirnya. Piye toh akhy…..kan ada di teksnya🙂

    Amiin….Siap Insya Allah ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s