Bunda Hamil ??? Jaga nutrisi dede’nya yaa….

Masih pakai pedoman 4 sehat 5 sempurna dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari ??? (Sudah ga zaman tuh, yang benar adalah makanan bergizi seimbang) Terkadang kita sering menyepelekannya dan mengkonsumsi asal-asalan (Termasuk ana ^_^) Tapi tentunya hal ini jangan diberlakukan bagi mereka yang tengah diamanahi oleh Allah sosok istimewa yang dinanti-nantikan oleh para perindu Syurga. Hal ini karena anak adalah aset berharga bagi orang tuanya kelak yang dapat menjadi investasi PAHALA besar untuknya….

Maka, wahai para bunda yang dirahmati Allah….

Sungguh mulia kau tercipta dan teranugrahi amanah luar biasa dari sang Panggenggam ruh_Allah Azza wa Jalla sebagai seorang yang mampu melahirkan sosok Kholifah muka bumi. Berbahagialah….nikmatillah….dan jaga amanah itu. Karena kau turut ambil andil balasan padanya kelak.

Adapun yang perlu diperhatikan dalam pola makan adalah :

  1. Konsumsi makanan yang banyak mengandung Asam Folat. Ingat kebutuhan selama 12 pekan I kehamilan untuk Asam Folat sebanyak 400µg perhari.
  2. Lakukan pola makan yang seimbang bagi kehamilan, yaitu :
  • Makan makanan sumber karbohidrat secukupnya. Peningkata kebutuhan baru terjadi pada masa 3 bulan terakhir kehamilan
  • Makan banyak buah dan sayuran
  • Jika memang hendak menggunakan suplementasi makanan atau vitamin maka gunakan suplemen makanan dan vitamin yang memang dikhususkan untuk kondisi kehamilan
  • Susu dan produknya (keju, yoghurt dll) yang telah diproses pasteurisasi sangat baik untuk kehamilan
  • Makan cukup makanan yang mengandung protein
  • Jangan terlalu banyak makan makanan manis dan berlemak
  • Minum setidaknya 1-1.5 L cairan perhari (utamanya air bening, jus buah atau dapat pula dari susu atau makanan cair
3. Jangan makan hati karena banyak mengandung Retinol (Vitamin A Hewani), dan makan-makanan yang tidak dimasak/diolah sempurna (Setengah matang)

4. Perhatikan kenaikkan berat badan karena biasanya seorang ibu hamil yang sehat dapat mengalami kenaikan berat badan selma kehamilan sebesar 8-15 Kg yang bervariasi menurut pola individual tergantung pada berat badan sebelumya, ras, usia dan pola makan.

Semoga Bermanfaat…

16 thoughts on “Bunda Hamil ??? Jaga nutrisi dede’nya yaa….

  1. Wah, hebat ya….
    Ada gak article yg menceritkan tentang mengkonsumsi makanan untuk para Bapak2????

    Koq cuma ibunya doang????He….
    Becanda koq….

    Waduh…Bapaknya mau apa?? Sehat kan ? Yah, ikutin za pola gizi seimbang
    Iya, cuma untuk para ibu karena ana calon ibu🙂

  2. wuaahhhh……saya hadir kembali sahabat.
    emmhhh…
    klo si bundanya minta makan yang aneh2 gimana? (ngidam atao nyidam istilahnya,lupa!!!) ntar klo ga dituruti, takutnya ngambek gitu. wah klo sudah begini, runtuhlah dunia…hehehehe….

    insya Allah bermanfaat ukhty. saya save as yah.
    jazakillah khair…

    Akhy, ngidam itu hanya perasaan si ibu saja. Kalau dia tak acuhkan maka itu bs ditahan koq, jd ga perlu merepotkan sang suami…
    Amiin, semoga bermanfaat. Silahkan save
    Waiyyakum

  3. Salam kenal bunda…
    Ngutip artikel ini yach…
    Buat belajar siap2 jadi bapak nich…

    Ok, Siip2 ^_^
    Btw, URL grosirannya ga ada ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s