Puasa ≠ Malas Makan

Soo Sweet...

Soo Sweet...

Ramadhan sebagai ajang yang Allah suguhkan bagi para pecinta Shaum, sering kali disalah artikan bagi mereka yang memang menghendaki Diet atau malas makan (jadi salah niatan tuh…). Lalu, bagaimana jika itu menimpa si kecil ??? (Ya sudah, biarkan saja toh malah baik karena dia jadi senang berpuasa). Namun, tahukah bahwa itu berdampak buruk bagi tumbuh kembangnya ??? Memang ada orang tua yang cenderung meremehkan hal ini (toh, berat badannya normal & dia sehat2 saja) tapi ada juga yang malah berbuah kesal karena sulitnya membujuk & melarikan emosi pada si kecil (Waduh…waduh..).

Puasa bukan lah suatu pembenaran sikap malas-malasan untuk makan karena ini bisa berdampak si kecil jadi mudah terserang penyakit, gagal tumbuh dan berkembang secara normal, kekurangan gizi, dan bahkan sampai mengalami kematian (Na’uzubillah…).

Adapun mereka yang dapat dikatakan sebagai anak sulit makan adalah anak yang tak mampu makan, menolak makan, adipsia (tidak nafsu atau kesulitan minum), dysphagia (kesulitan menelan), tidak nafsu makan, tidak mampu makan sendiri padahal umurnya sudah mencukupi, mengalami kesulitan mengonsumsi makanan atau minuman yang diperlukannya secara alamiah dan wajar, sulit beralih dari makanan lunak ke makanan setengah padat, membutuhkan waktu yang lama untuk makan, tersedak, muntah, mengulum makanan, rewel saat makan dan pemilih dalam jenis dan tekstur makanan.

Berdasarkan hasil pengamatan, ditemukan sekitar 2 dari 8 anak pernah mengalami kesulitan makan. Memang ini adalah hal wajar, selama hal itu tidak berlangsung selama sebulan berturut-turut. Namun, Jika terjadi demikian maka lebih baik bawa si kecil ke dokter anak atau ahli gizi anak.

Semoga dengan penjelasan di atas tidak ada lagi orang tua yang menyepelekan masalah pola makan si kecil karena kefatalan akibat yang bisa jadi mendera sang buah hati kita. Terlebih bagi orang tua yang sering memarahi anak disebabkan sulitnya dinasehati dalam hal ini. Karena, bisa jadi anda lah penyebab penyimpangan pola makan anak ini. Namun, bisa jadi juga hal ini disebabkan oleh beberapa hal selainnya seperti : kurang trampilnya gerakan bibir, mulut dan lidah atau akibat penyakit dalam sistem pencernaannya. Misalnya karena penyakit Hirschprung, sindrom pencernaan yang singkat, pyloric stenosis (penyempitan bagian pilorik lambung), dan gastroe sophageal reflux (GER). Bisa juga karena alergi terhadap suatu makanan atau juga karena rasa takut terhadap rasa dan teksturmakanan yang asing bagi mereka (Lebih jelasnya tanyakan pada ahlinya…)

Perlu dicatat :

Keterampilan makan pada anak adalah hasil proses belajar anak dan interaksi dari lingkungannya. Untuk mendapatkan keterampilan yang sempurna diperlukan dukungan orang tua dalam hal pemahamannya tentang pola asuh anak secara tepat dan status emosi yang stabil. Karena banyak terdapat kasus anak sulit makan adalah karena akibat pola suh dan pola pemberian makan yang salah.

6 thoughts on “Puasa ≠ Malas Makan

  1. Bagaimana cara yang dilakukan pengasuh agar anak mau makan juga ada pengaruhnya. saya menjumpai masalah ini. pada keluarga terdekat lah. anak susaah kali jika disuruh makan(nasi), lebih suka makan jajanan. kalo saya liat2, faktor pengasuh disini yg jadi pemicu meskipun ada faktor lain juga.
    mungkin gitu ya bu?

    Sebenarnya akan lebih baik jika anak diasuh langsung oleh sang ibu. Biasanya yang mempengaruhi pola makan anak adalah suasananya. Menyenangkan kah ?? sudah dibiasakan kah ???
    Apakah teman makannya adalah yang dia sukai ???. Maka buatlah si anak senyaman mungkin. Lebih lengkapnya, tunggu edisi selanjutnya…Insya Allah

  2. assalaamu’alaykum
    wah, mba mahfuzhoh, lama sekali rasanya saya tidak blog walking…

    syukron ya artikelnya…
    agaknya parenting niyh… ?😀

    Mba ??? (waduh…)
    Afwan….yah, namanya juga “Tarbiyatul Aulad” ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s