si 4 tahun II

Wahai pecinta anak-anak, kini Mahfuzhoh kembali bercerita tentang si 4 tahun dengan karakteristik luchu nya bagian ke dua yang pernah mahfuzhoh janjikan.

Kali ini tentang bagaimana karakteristik bahasa anak usia 4 tahun (pra Sekolah) :

  • Senang melucu
  • Ketertarikkan yang kuat pada kata-kata
  • Senang bertanya mengapa & bagaimana
  • Dapat mengikuti permainan

Nah….nyang saleh disini ntuh kalo kite anggep anak nyang demen ngomong, suka ngebanyol, banyak nanya de el el ntuh adalah anak nyang nyebellin (Logat betawian uey…He..he..) Ntu salah bang, Mpok..

Aduuhh..udahan ah pake logat betawian_capek ^_^

Semakin anak itu senang melucu & dapat merespon candaan Qt dengan baik, itu pertanda sang anak makin cerdas. Jadi, jangan capek2 tuk menyahuti mereka & menjawab semua pertanyaan mereka dengan kata2 yang mudah dicerna oleh mereka. Tapi, bagaimana jika Qt malah yang tidak bisa menjawab pertanyaan mereka ??(Nah looh…makanya belajar ^_^ he..he..) orang tua juga mesti belajr looh tidak hanya menyuruh saja.

Karakteristik Sosial :

  • Sayang teman
  • Dapat bekerjasama & berbagi mainan
  • Dapat mengekspresikan perasaannya
  • Kadang-kadang betingkah laku di luar kendali

Bagaimana karekterisitik sosial mereka terbangun dengan baik, itu kembali kepada bagaimana metode yang biasa anak contoh dari keseharian sang Orang tua & bagaimana metode penanamannya terhadap pemahaman anak.

Karakteristik Emosional :

  • Menunjukkan emosi ekstrim
  • Kadang sayang namun kadang benci
  • Menunjukkan rasa permusuhan
  • Membangkang, sangat yakin pada diri
  • Senang berpetualang
  • Daya imajinasi tinggi

Point pertama sampai ke 4 (empat) adalah karakteristik dasar yang pada dasarnya dapat diarahkan pada sesuatu yang positif. Bukan lah metode pelarangan yang baik diterapkan disini, tapi metode pemahaman yang lembut adalah bumbu efektif guna menggodok kecerdasan & akhlaqnya. Karena boleh jadi, mereka akan semakin membangkang tatkala Qt sebagai orang tua (ana juga orang tua looh….Bagi murid2 he..he..) melarang serta merta tanpa penjelasan dengan dalih mereka masih kecil & belum mengerti.

Wahai Ayahanda dan ibunda yang dimuliakan Allah….si buah hati punya hak yang sama dengan kita. Hormati mereka, maka mereka kan menghormatimu. Bersabarlah…..di usianya 4 tahun ini memang akan menguras kesabaran karena disini masa peralihan yang tak mudah mereka jalani. Jadilah teman sejati mereka karena mereka butuh itu…banyak hal baru yang memang baru diketahuinya dan sangat sayang sekali jika masa ini berlalu begitu saja.

Wallahua’lam….

3 thoughts on “si 4 tahun II

  1. coba pake logat kebumenan dong:mrgreen:

    Kalopun membangkang, jangan cuma di nasehatin. Setidaknya kita jgua harus bisa memberi contoh dan mengalihkan perhatian. Menurut saya hal tsb akan lebih mengena.

    itu foto anak siapa bu ?😀

    Yahh…kalo pake logat kebumen tar diketawain kucing🙂

    Yupz….Ntu juga pak. Sambil menyelam minum air. he..he…Foto anak orang ^_^

  2. Memang Ibu pemilik blog ini menyembunyikan karakter Kebumen-nya…

    Bisa tolong dijelaskan ukhti, karakteristik sosial “sayang teman”…???

    Jazakillahu khairan atas jawabannya…

    Iya, ini karakteristik mereka. Di usianya yg sudah 4 thn mereka mulai bisa menerapkan prilaku sayang pd teman sebayanya, pd adik nya…..ini terbukti mereka sudah mulai memiliki teman dekat & akan membela temannya itu saat ada yang mengganggunya. Jika ini belum terwujud, maka perlu dilatih tuk diterapkan. Wallahua’lam….
    Waiyyakum Khoirun Jaza

  3. Owh.. Ternyata emang udah ‘khittah’nya ya usia2 segitu cenderung pembangkang akibat ke-pede-annya.. Pantes ajah.. Meski anak q baru ajah mau memasuki usianya yg ke-tiga..

    He..he.. iya pak. Malah terkadang mereka membangkangnya cuman boongan karena mereka mau ngeledek atau ngajak becanda Qt. Luchu ya… ^_^
    Nah….disini Qt harus jeli tuk membedakannya. Yang penting Qt jangan sampai terpancing marah. he..he..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s