“Si 4 Tahun…”

Hmm…Usia segini nich, adalah masa aktif-aktifnya seorang anak.

Jangan biarkan langkahnya gontai, Ketahuilah karakteristik usianya agar ia menguat dalam laju.

Betapa tidak ??? Dia sedang senang-senangnya menikmati banyak hal baru dari dalam dan luar dirinya. Subhanallah….jika mahfuzhoh ingat-ingat, jadi sangat merindukan masa kebersamaan dengan murid-murid Tk (He..he…) Rindu dengan pelukan mereka yang menyambut kedatanganQu saat berkunjung ke tempat Tk yang pernah ku mengajar disana.

Sambutannya….Cium hangatnya…Bahkan ada yang masih kusimpan rapi-rapi di lemari buku ku (Nggak rapi banget sih…berantakan juga) Apa itu ??? itu adalah selembar surat yang anak didik ku karang sendiri serta tulis dengan tulisan dan kata-katanya sendiri. Apa tulisannya ??? hanya “Terima Kasih Bu….” Padahal saat itu ada dua guru, tapi hanya aku yang diberi surat olehnya (jadi GeEr, He..he..)

Kembali ke topik semula. (Aduh..tadi koq bisa ngelindur kesana yach…)

Disini, seperti biasa Mahfuzhoh ingin berbagi ilmu yang Mahfuzhoh dapat ketika kuliah PGTK.

“Si 4 Tahun…” Hm… Dia (usia Pra Sekolah) memiliki karakteristik yang berbeda dengan anak di usia lain. Seperti dalam Segi Kecerdasan :

  • Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap lingkungan yang lebih luas
  • Dapat membuat bangunan tiga dimensi
  • Kenal nama-nama bentuk
  • Masa Konsentrasi agak lebih lama
  • Mulai dapat mengenal huruf dan angka

Dalam Segi Fisik :

  • Sudah dapat berlari
  • Mampu melompat (satu / dua kaki)
  • Meloncat
  • Berputar
  • Menendang dan menangkap bola
  • Menulis nama, memotong tali, dan menggambar
  • Memakai baju sendiri

Setidaknya kurang lebih dua kategori di atas perlu dipahami dan dapat dilatihkan ketika mendidik anak. Apabila ada beberapa point yang belum dapat dicapai sang anak, maka kita sebagai orang tua (Aduh, kapan ya….He..he..) dapat mengantisipasi sedini mungkin. Sayang kan jika tumbuh kembangnya lebih lambat dari teman-teman sebayanya. Bisa jadi dia akan menjadi minder atau mungkin sebenarnya dia mampu tumbuh layaknya anak sebayanya tapi karena didikan Qt yang salah maka muncullah kelambatan-kelambatan tersebut. Qodarullah_memang…tapi ini sesuai pula dengan usaha Qt (Khususnya para ibu) jika Qt lebih pandai bersikap untuk mengetahui hal-hal yang mungkin sering dianggap sepele terutama bagi calon ibu baru (Hayoo…Siapa ya ???)

masih ada 3 kategori berikutnya yang akan segera terbit. Maka tunggulah…!!! (Promosi…Promosi…)

Wallahua’lam

4 thoughts on ““Si 4 Tahun…”

  1. ‘aisyah – 14 bulan – udah bisa :
    – lari meluk bapaknya tiap si bapak balik kantor;
    – nyium pipi bapaknya kalo si bapak nyodorin pipinya sambil bilang ‘ciumm’;
    – nyium tangan bapaknya tiap si bapak pamitan mo ngantor, abis itu nyengir kuda bahagia;
    – dan banyak lagi lainnya…
    menyehnangkahn… 😉

    Alhamdulillah, perkembangannya baik…..
    jadi inget keponakan kurang lebih dua tahun usianya, ga jauh bgt dr anak bpk…iya menyenangkan sekaliiiiiiiii….^_^ Semoga nantinya jadi anak yang shalihah

  2. ini tempat konsultasi ya? saya konsul mengenai ponakan aja yah😀
    usia 2.5 tahun. skrg masuk playgrup. tapi oq susah sekali kao disuruh diem di tempat duduk. di dalam kelas. mau nya lari kesana kemari, maen2. kalo bicara udah jelas. gak ada celat (bahasa jawa). bilang R ya R. skrg lagi di biasain bicara bhs indunisi. tadinya jowooo terus. . he..he..
    gimana ni bu guru?

    Masya Allah…ana sebenernya masih blm tepat mjd tempat berkonsul tp Insya Allah ana akan jawab semampu ana. Memang dunia seusianya adalah dunia main2. Sebelum usianya 4 thn mereka mmg daya konsentrasinya sebentar. Jangan dipaksakan, lambat laun ia akan bertambah masa konsentrasinya_Insya Allahu Ta’ala…

  3. Untuk ukhti pengelola blog, mohon dikoreksi…

    degi perkembangan fisik…

    Meloncat itu untuk tipe lompat yang menuju air ukhti (loncat indah), tapi untuk di darat namanya lompat.
    🙂

    semoga bermanfaat dan terima kasih.

    Ada sayangnya dari postingan di blog Tarbiyatul Aulad ini…

    Sayangnya adalah…ukhti pengelola blog sendiri belum bisa mengamalkan secara langsung apa yang beliau tulis.
    🙂

    semoga Allah segerakan dan mudahkan…

    Jazakallahu Khoiron akhi atas koreksinya….
    Amiin…..^_^ Ya Allah kabulkanlah permohonan saudaraQu ini…He..he..

  4. hemmhhh…
    jadi ingat adik saya di rumah, dia sekarang masuk pra sekolah (sebelum TK gitu)…
    di pra sekolahnya, diwajibkan pake jilbab. wajahnya yang bulat, gemuk,dengan kain yang menutupi rambutnya wah keliatan lucu sekali pokoknya…..
    setiap kali saya menciumnya, dia balas memegang jenggot saya. kadang ditariknya juga…hehehe.
    umurnya sekitar 3-4 tahunan.

    jazakillah atas tulisan ukhti, mengingatkan saya dengan permata kecil di rumah.

    Wuaaahhh…..Subhanallah, pasti luchu bgt !!!
    Waiyyakum akh….^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s