Bayi Baru Kena Diare ???

Si kecil bolak-balik buang air besar dan rewel ? Jangan anggap remeh, looh. Dia terancam dehidrasi !!!

Masak sich bayi baru lahir bisa kena diare ? Mungkin aja kaliee. Harap diketahui, resiko terjadinya gangguan kesehatan akan lebih besar bila si kecil tidak diberi ASI.

“Aduh, pusing..kenapa sih dah mikirin bayi segala. Nikah za belum”

Waduh-waduh saudaraQu, masihkah ada yg befikiran demikian ??? Jika Qt ingini buah hati Qt nantinya menjadi Pejuang Tangguh yang Allah cintai, maka usaha Qt jangan separo2 harus utuh. Disinilah banyak kesalahan2 karena menyepelekan.

Yahhh..ana kan ikhwan, biar kaum hawa za yg mengetahui hal ini”

Ini juga salah. memang peran terbesar ada pada ibu tapi para bapak juga harus tau. Nanti kalo sang ibu perlu bantuannya ketika dia sakit dan lain sebagainya, maka para bapak kan tak perlu banyak tanya pada sang ibu karena sang bapak ketika siap menempatkan diri sebagai seorang bapak…ya harus jadi bapak yg super donk. Jangan Lemot (he..he..)

Bisa kuman atau alergi

Bayi yg tidak diberi ASI memang beresiko lebih besar mengalami infeksi di saluran pencernaannya. Penyebabnya bisa berupa virus, bakteri atau parasit yg masuk ke dalam saluran pencernaan bayi. Misalnya, akibat pembuatan susu formula yg kurang higienis. ini menyebabkan susu yang dikonsumsi bayi tidak dapatdiserap secara sempurna dan keluar lagi dalam bentuk kotoran yg encer.

Selain infeksi, diare bisa juga disebabkan karena elergi, khusunya alergi pada protein susu sapi pada susu formula.

Lalu, bagaimana dengan bayi yg mengkonsumsi ASI, bisakah dia terkena diare ??? Bisa aja. Meskipun hal in sih jaramg terjadi. Soalnya, selain higienis ASI juga kaya zat imun. Jadi bila bayi ASI terkena diare bisa jadi karena Si Ibu ternyata mengkonsumsi makanan yang ternyata membawa reaksi alergi pada bayinya.

Nah, looh….Hmm berarti jadi ibu harus hati2 bangetz yachhhh…!

Segera Ke Dokter

Pada bayi di bawah 3 bulan diare dapat mengakibatkan dehidrasi. Karena itu jangan tunda lagi untuk membawa bayi anda ke dokter.

Sementara itu, bersihkan tubuh bayi secara perlahan dengan kapas dan air hangat setiap kali habis buang air besar. Dann…. jangan lupa, gunakan kelembutanmua, bu saat melakukannya supaya tak terjadi infeksi.

-Konsultasi Ilmiah: dr. Indra Irawan Satari_

Wallahua’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s